Tips Mengatasi & Mencegah Kecanduan Mobile Game

Ada lebih dari 2,2 miliar gamer seluler di seluruh dunia. Lebih dari 50% dari semua gamer mengaku bermain di ponsel merekaperangkat lebih dari 10 kali per minggu. Dengan kemajuan teknologi dan peningkatan kenyamanan yang ditawarkan oleh perangkat seluler, tidak heran jika semakin banyak gamer yang menggunakan versi on-the-go dari game favorit mereka. Meskipun memiliki akses mudah ke game di perangkat digital Anda itu nyaman, itu juga bisa berbahaya. Peningkatan aksesibilitas ini telah menciptakan lonjakan besar dalam kecanduan game. Memiliki smartphone di dunia digital saat ini adalah suatu keharusan. Menjawab email, pesan teks, dan panggilan telepon adalah satu hal – menghabiskan berjam-jam terpaku pada ponsel Anda bermain game seluler adalah sesuatu yang lain sama sekali. Jika Anda berjuang untuk meletakkan ponsel Anda atau mencurigai Anda mungkin memiliki kecanduan game seluler, artikel ini untuk Anda. Teruslah membaca untuk kiat-kiat yang dapat ditindaklanjuti tentang cara mengatasi kecanduan game seluler sehingga Anda tidak lagi disandera oleh ponsel cerdas Anda.
Kecanduan game seluler dan efeknya

Satu-satunya perbedaan antara game pc dan mobile game adalah versi selulernya dimainkan di perangkat seluler Anda – itulah namanya. Tidak semua video game tersedia sebagai aplikasi yang dapat diunduh dan tidak semua game seluler dapat dimainkan di PC atau konsol game. Sebagian besar pecandu video game memiliki perangkat dan game pilihan mereka sendiri. Baik Anda bermain di Xbox, Playstation, atau ponsel cerdas Anda, tanda dan gejala dasar kecanduan video game adalah sama.

Tidak seperti kecanduan obat-obatan atau alkohol, kecanduan video game dianggap sebagai kecanduan perilaku. Penelitian masih dilakukan untuk mengetahui apa sebenarnya kecanduan video game dan efeknya. The WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan Asosiasi Psikiater Amerika mengakui kondisi ini sebagai Internet Gaming Disorder . Antara 1% dan 10% dari semua gamer seluler berisiko mengembangkan kecanduan.

Tanda-tanda Kecanduan Game Seluler

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi kecanduan game seluler, penting untuk mengidentifikasi masalahnya. Cara terbaik untuk mengenali kecanduan adalah dengan berfokus pada gejala yang khas. Ini terutama benar ketika membahas kecanduan perilaku pada hal-hal seperti video game. Beberapa tanda Anda mungkin memiliki kecanduan game meliputi:

  • Pikiran obsesif tentang game
  • Ketidakmampuan untuk fokus pada apa pun selain bermain game
  • Iritabilitas saat Anda tidak bisa bermain game
  • Berbaring atau menyelinap untuk bermain
  • Mengabaikan tanggung jawab dan kewajiban
  • Hubungan yang terganggu
  • Penurunan kesehatan fisik dan kebersihan
  • Sakit kepala dan/atau ketegangan mata
    Sakit leher
  • Peningkatan pengeluaran (menghabiskan uang dalam game atau tagihan telepon meningkat karena bermain game)

Jika bermain game seluler secara negatif mengganggu kehidupan sehari-hari Anda dan Anda tidak dapat berhenti bermain game meskipun telah mencoba, Anda mungkin mengalami kecanduan.

Tips dan Trik mengatasi kecanduan game mobile

Setelah Anda menentukan bahwa game seluler menghabiskan hidup dan pikiran Anda, inilah saatnya untuk mengambil tindakan. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mengatasi kecanduan game seluler untuk selamanya.

1. Detoks

Detox bukan hanya untuk penyalahgunaan zat atau diet. Anda sebenarnya dapat melakukan detoksifikasi dari perilaku tidak sehat apa pun – termasuk game seluler. Menurut definisi, detoksifikasi adalah penghilangan obat atau fisiologis zat beracun dari tubuh Anda . Detoksifikasi dari game seluler melibatkan penghentian semua permainan untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Kebanyakan detoks adalah 30, 60, atau 90 hari.

Mulailah dengan memilih jangka waktu. Selanjutnya, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghilangkan game seluler dari kehidupan sehari-hari Anda. Bagi sebagian besar pecandu, ini melibatkan penghapusan game seluler dari ponsel mereka, memasang kunci di toko aplikasi, atau berhenti sama sekali dari ponsel cerdas mereka. Meskipun ini tidak mungkin bagi kebanyakan orang, Anda dapat menukar ponsel cerdas Anda dengan ponsel biasa yang memungkinkan Anda melakukan panggilan dan mengirim pesan teks.

Sebagian besar pecandu game seluler membutuhkan bantuan agar berhasil menyelesaikan program detoks. Inilah salah satu alasan mengapa program pengobatan dan terapi online semakin populer. Pecandu video game dan game seluler dapat mengakses bantuan, dukungan, dan sumber daya yang mereka butuhkan dari kenyamanan rumah mereka sendiri. Setelah periode detoks, beberapa gamer dapat secara perlahan memasukkan game seluler ke dalam kehidupan mereka dengan cara yang sehat dan moderat, sementara yang lain hanya menemukan kesuksesan ketika mereka menghilangkan game dari kehidupan mereka sepenuhnya.

2. Terapi Perilaku Kognitif

CBT (Cognitive Behavioral Therapy), juga dikenal sebagai terapi perilaku kognitif, adalah metode populer untuk mengobati kecanduan perilaku, termasuk game seluler. Fokus utama CBT adalah mengubah pola pikir seseorang . Pendekatan terstruktur terhadap kecanduan ini dimulai dengan menganalisis cara Anda berpikir tentang game seluler dan kemudian membantu menyusun ulang pemikiran tersebut untuk mempromosikan perilaku yang lebih sehat.

Terapis dapat memulai dengan membantu seorang pecandu mengenali bagaimana ide-ide mereka tentang game seluler terdistorsi dan masalah apa yang mereka ciptakan dalam hidup mereka. Selanjutnya, pecandu dipandu melalui proses mengevaluasi kembali pikiran negatif ini berdasarkan kenyataan. Proses ini dirancang untuk membantu pecandu mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang memotivasi perilaku mereka sehingga mereka dapat membuat perubahan positif.

3. Perhatian

Pendekatan lain untuk mengobati kecanduan game seluler yang melibatkan pengendalian dan perubahan pola pikir adalah perhatian penuh. Mindfulness adalah bentuk meditasi yang membantu pecandu menjadi sangat sadar akan apa yang mereka rasakan dan rasakan pada saat tertentu. Perhatian penuh membantu Anda memperlambat dan menafsirkan pikiran dan perasaan Anda tanpa penilaian.

Teknik-teknik tertentu yang menyertai perhatian penuh termasuk citra terbimbing dan latihan pernapasan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pecandu mengendurkan pikiran dan tubuh untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pikiran dan perasaan. Setelah Anda mencapai ini, Anda dapat melihat kecanduan game seluler Anda secara lebih objektif dan membuat keputusan yang jelas dan terinformasi tentang cara mengganti kebiasaan bermain game Anda dengan sesuatu yang lebih produktif.

4. Menghapus dan Mengunci aplikasi tertentu

Untuk mengatasi kecanduan game seluler, kemauan keras mungkin tidak cukup. Selain terapi kognitif dan perhatian, banyak pecandu game seluler perlu memasang blok pada perangkat mereka atau menghapus aplikasi seluler favorit mereka sama sekali. Ini bukan tanda kelemahan. Sebaliknya, ini adalah masalah jujur ​​pada diri sendiri dan menghilangkan godaan.

Cara termudah untuk menghentikan diri Anda dari memainkan game seluler favorit Anda adalah dengan menghapusnya dari ponsel Anda . Anda juga dapat mengunci aplikasi tertentu atau membatasi unduhan. Sebagian besar ponsel cerdas meminta pengguna memasukkan kartu kredit atau informasi pembayaran lainnya untuk disimpan. Setelah informasi ini dimasukkan, Anda dapat melakukan pembelian di app store dengan satu sentuhan tombol. Meskipun ini mungkin nyaman dalam beberapa hal, ini berbahaya dan terlalu menggoda bagi pecandu game seluler.

Jika memungkinkan, hapus informasi pembayaran ini dari ponsel Anda. Ini akan mempersulit Anda untuk membeli game , mengunduh konten , atau melakukan transaksi mikro dalam game. Ini adalah salah satu perbedaan utama antara gim video biasa dan gim seluler. Sebagian besar game seluler memerlukan transaksi mikro untuk terus bermain. Game ini memikat pemain karena sering kali gratis untuk diunduh, tetapi pada titik tertentu, pembayaran diperlukan untuk terus bermain, menghapus iklan, atau mendapatkan akses ke konten tambahan. Hampir 20% dari semua gamer seluler menghabiskan waktu untuk transaksi mikro. Untuk pecandu game seluler, pembelian kecil ini dapat bertambah dengan cepat, menempatkan Anda dalam masalah keuangan.

5. Mengamankan Ponsel Anda di lokasi yang lebih jauh

Salah satu cara bagi pecandu video game untuk mendukung proses detoks atau membatasi gameplay adalah dengan mencopot atau mencopot konsol game atau PC mereka. Melepaskan ponsel Anda tidak semudah itu. Lagi pula, Anda memerlukannya untuk melakukan panggilan, mengirim pesan teks, dan mempertahankan kontak dengan dunia luar. Karena itu, gamer seluler perlu mengambil langkah ekstra dalam mengatasi kecanduannya.

Pilih tempat yang aman untuk menyimpan ponsel Anda bila memungkinkan. Selama bekerja, kecilkan volume (atau matikan sepenuhnya) dan tinggalkan di laci, loker, atau tempat aman yang tidak mudah dijangkau. Saat Anda di rumah, tinggalkan ponsel di kamar tidur, lemari, atau tempat aman lainnya sehingga Anda dapat memusatkan perhatian pada hal-hal yang lebih penting seperti menghabiskan waktu bersama keluarga atau melakukan tugas di sekitar rumah.

 

Jika Anda menghadapi kecanduan game seluler, Anda mungkin merasa putus asa. Dengan lebih dari 6 miliar orang yang memiliki ponsel cerdas di seluruh dunia, akses ke game seluler, media sosial, dan kepuasan instan tidak pernah semudah ini. Apa yang mungkin dimulai sebagai permainan tanpa pikiran untuk menghabiskan waktu dapat dengan cepat berubah menjadi kecanduan yang memakan banyak waktu. Dengan menggunakan tips ini untuk mengatasi kecanduan game seluler, Anda dapat mengambil tindakan dan mengambil kembali hidup Anda, sekali dan untuk selamanya.

Tinggalkan komentar