Tips GG Menggunakan Selena di Mobile Legends

Moonton merilis Selena, hero Assassin/Mage yang saat ini dibenci. Wajar jika hero transformable ini membuat banyak pemain Mobile Legends kesal terhadapnya. Tak hanya ngeri, Selena juga terluka karena kombinasi skill dengan damage yang besar dan kemampuan kontrol yang luar biasa.

Kekuatan horor yang dimiliki Selena datang dengan berbagai konsekuensi. Salah satu yang paling mencolok adalah sulitnya menguasai hero ini. Ia memiliki kombinasi skill yang berbahaya bagi musuh maupun bagi kamu jika tidak memahami mekanismenya. Oleh karena itu, agar tidak malu saat menggunakan hero yang satu ini, simak baik-baik, yuk simak tips GG-nya di bawah ini.

1. Jangan Ragu Skill Spam

Sebelum membahas lebih jauh, ada beberapa hal mendasar yang harus kamu ketahui tentang Selena. Ia bisa dikatakan sebagai salah satu hero Mobile Legends terunik. Biasanya hero Mage bergantung pada item untuk bertahan dalam permainan. Jarang ada hero Mage yang cukup kuat di awal permainan. Nah, hero ungu tebal ini mematahkan gripnya. Basic attacknya sangat lemah, bahkan saat dalam mode Abyssal (Assassin) sekalipun. Namun kombinasi skill tersebut memiliki damage yang sangat besar dan bisa menjadi kunci untuk menguasai permainan. Tentunya dengan catatan Anda memahami mekanisme dan kombinasinya. Oleh karena itu, Selena sangat wajib untuk terus mengeluarkan skill saat bertarung. Meski begitu, ketergantungan pada item tidak terlalu besar sementara kamu bisa menyeimbangkannya dengan level hero. Inilah yang menarik dari hero yang satu ini.

2. Bangun item Terbaik

Lo juga bisa pilih item sesuai situasi dan kebutuhan. Yang pasti, kamu harus memperhatikan Mana recovery dan cooldown reduction (CDR) karena Selena harus rajin spamskill untuk bisa berkontribusi dalam pertempuran. Untuk itu, buat dua rekomendasi build item khusus untuk Mana regen dan CDR di fitur pengaturan item. Untuk regen Mana, pilih item yang memiliki kemampuan regen Mana atau tambahkan Mana seperti Calamity Reaper, Lightning Truncheon, atau Ice Queen Wand. Item ini direkomendasikan karena memiliki atribut damage yang cukup kuat (lebih dari +70 magic damage). Sebagai alternatif, kamu bisa memilih Clock of Destiny melalui atribut HP tambahan dan yang bagus berkat efek pasifnya yang unik. Sedangkan jika ingin fokus pada CDR, kamu bisa memilih item seperti Fleeting Time dan Enchanted Talisman, atau item sepatu Magic Shoes. Sedangkan untuk kamu yang ingin bereksperimen, item Feather of Heaven bisa menjadi alternatif jika ingin meningkatkan kecepatan serangan Selena saat berada dalam mode Abyssal. Sebagai catatan, Calamity Reaper merupakan itemcore yang wajib kamu gunakan pada semua build item. Pasalnya, item ini memiliki tambahan Mana, Mana Regen, serta CDR untuk mendukung kemampuan Selena sebagai hero Assassin yang membutuhkan Mana spamskill dan dahaga. Kamu bisa memasangkan item ini dengan item lain seperti Concentrated Energy untuk lifesteal, Blood Wings untuk damage, dan Devil Tears untuk penetrasi. Calamity Reaper merupakan itemcore yang wajib kamu gunakan pada semua build item. Pasalnya, item ini memiliki tambahan Mana, Mana Regen, serta CDR untuk mendukung kemampuan Selena sebagai hero Assassin yang membutuhkan Mana spamskill dan dahaga. Kamu bisa memasangkan item ini dengan item lain seperti Concentrated Energy untuk lifesteal, Blood Wings untuk damage, dan Devil Tears untuk penetrasi. Calamity Reaper merupakan itemcore yang wajib kamu gunakan pada semua build item. Pasalnya, item ini memiliki tambahan Mana, Mana Regen, serta CDR untuk mendukung kemampuan Selena sebagai hero Assassin yang membutuhkan Mana spamskill dan dahaga. Kamu bisa memasangkan item ini dengan item lain seperti Concentrated Energy untuk lifesteal, Blood Wings untuk damage, dan Devil Tears untuk penetrasi.

3. Emblem dan Battle Spell yang Direkomendasikan

Karena memiliki dua role, mungkin kamu merasa bingung untuk memilih Emblem apa yang cocok untuk Selena. Meski memiliki role utama sebagai Assassin, kamu tetap harus menggunakan Emblem berbasis magic power, baik itu emblem Magical maupun Custom Mage. Soalnya, kekuatan Selena berasal dari kombinasi skill yang mengandalkan damage magic, bukan basic attack yang mengandalkan physical attack. Sedangkan Battle Spell yang paling cocok untuk Selena ada dua yaitu Retribution dan Flicker. Retribution tentunya sangat direkomendasikan untuk pemain pemula karena akan membantu mempercepat farming. Apalagi jika Anda tidak begitu memahami mekanisme skill. Sebaliknya, jika Anda merasa cukup baik dan mengerti, Flicker adalah Battle Spell yang paling tepat. Kamu harus tahu, mekanisme dan kombinasi skill Selena membuatnya mampu membunuh monster hutan dengan cepat. Begitu cepat, Anda bahkan tidak perlu Retribusi sama sekali. Tentu saja pilihan ini datang dengan konsekuensi pemborosan Mana. Menggunakan Flicker, Anda dapat melarikan diri dengan cepat saat musuh menyergap. Selena sebenarnya memiliki mekanisme escape yang cukup baik melalui perubahan bentuk dan skill di 2 mode Abyssal. Namun, tetap saja terasa berbahaya jika hanya mengandalkan skill untuk kabur mengingat konsumsinya yang cukup besar.

4. Fokus Jungling

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kombinasi skill Selena memudahkan untuk membunuh monster hutan. Oleh karena itu, pastikan kamu melaju dengan cepat agar tidak level dan lebih banyak dari hero carry musuh. Setelah semua monster hutan habis, barulah kamu bisa clearlane, lalu jungling lagi setelah lane terasa aman. Intinya, menggunakan Selena berarti kamu harus mengutamakan jungling dibandingkan laning. Pasalnya, basic attack-nya sangat lemah. Bahkan untuk membunuh sekelompok antek sekalipun. Kamu sebenarnya hanya bisa menggunakan skill untuk clearlane. Namun, sayang sekali membuang Mana hanya untuk menghabisi minion. Meningkatkan level kamu juga akan lebih lama dari hero lain yang sedang jungling. Ada baiknya untuk menjaga Mana dan skill kamu untuk membunuh hero musuh.

5. Rajin Mengubah Bentuk

Karena kebutuhan akan jungling, Selena membutuhkan kecepatan gerak yang tinggi. Sebenarnya kamu bisa memilih item sepatu Rapid Boots. Namun, jika Anda merasa tidak percaya diri bahwa Anda lebih mementingkan atribut lain seperti penetrasi atau CDR, maka mengubah bentuk adalah cara alternatif. Setiap berganti bentuk, baik dari mode Elven ke mode Abyssal atau sebaliknya, Selena akan mendapatkan tambahan movement speed sebesar 30%. Memang bukan angka yang besar, tapi cukup membantu saat terdesak atau kehabisan Flicker. Cooldown skill Ulti untuk berubah bentuk juga tidak lama kok. Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa jika kamu mengubah bentuk, cooldown dari masing-masing skill akan pulih. Misal skill 2 kamu habis di mode Elven, lalu kamu ganti ke mode Abyssal. Jika Anda mengubah lagi ke mode Elven, skill cooldown akan pulih. Jika dibandingkan harus menunggu cooldown skill 2 habis, akan lebih cepat jika berubah, lalu ganti ke mode aslinya. Apalagi jika level skill Ulti sudah cukup. Cooldown yang hanya 3 detik tentunya lebih cepat dari pada kamu harus menunggu 12 detik lamanya cooldown skill 2 mode Elven.

6. Skill 2 (Mode Elven), Harus Hitung!

Inilah yang membuat Selena begitu ditakuti di arena Land of Dawn. Soalnya, skill ini merupakan skill kontrol yang paling parah. Mekanismenya, jika skill ini mengenai musuh musuh pada jarak terjauh, musuh akan terkena stun selama 4,5 detik. Waktu yang terasa sangat lama jika Anda berada di pihak yang terkena. Sebaliknya, semakin dekat musuh dengan skill ini, efek stunnya juga akan semakin pendek. Sebenarnya tidak ada salahnya jika kamu melakukan spamskill ini. Mungkin kamu merasa akan beruntung dengan musuh yang sedang laning. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan durasi cooldown yang lama dan pemborosan Mana. Oleh karena itu, kamu harus sangat diperhitungkan saat menggunakan skill ini. Gunakan skill ini di saat yang tepat. Misalnya seperti saat musuh tidak melihat Anda lagi, atau saat Anda sedang bertarung.

7. SpamSkill 1 (Mode Peri)

Jika sebelumnya Anda mengira kunci Selena dalam mode Abyssal, itu berarti Anda salah. Sebab, kunci hero GG sebenarnya ada di dua skill mode aktif Elven. Mungkin kalian juga menganggap skill 2 mode Elven adalah skill yang paling jahat. Padahal, sebenarnya skill 1 Elven mode itulah yang membuat Selena begitu mematikan. Karena cooldown yang relatif singkat dan konsumsi mana yang lebih sedikit, jangan ragu untuk menggunakan skill ini secara sporadis. Apalagi saat farming atau clearlane. Damage yang dihasilkan tidak terlalu besar, namun cukup membantu di saat genting. Apalagi skill ini bisa di-stack hingga tiga kali. Jadi, ‘trap’ yang kamu lempar ke suatu area tidak akan hilang saat kamu melempar trap lagi. Sebagai catatan, skill ini bukan area. Artinya, hanya satu hero yang bisa terkena skill ini.

8. Pahami Efek Skill Pasif (Abyssal Mark)

Dibandingkan dengan skill 1 dan 2, sebenarnya efek dari skill pasif yang harus kamu pahami. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, efek skill pasif membuat musuh mendapatkan tanda Abyssal setelah terkena skill 1 dan 2 Selena saat dalam mode Elven. Nah, tanda Abyssal ini memiliki dua fungsi yang sangat penting. Pertama, Abyssal Mark akan menghasilkan tambahan magic damage yang cukup menyakitkan jika kamu menyerang musuh menggunakan skill saat dalam mode Abyssal. Sangat bagus untuk membuat kejutan untuk musuh yang tidak berpikir bahwa burst damage-mu akan sebesar itu. Fungsi kedua, tanda Abyssal memiliki efek berantai berupa reset cooldown skill 2 mode Abyssal. Jadi, saat kamu dalam mode Abyssal dan menyerang musuh dengan skill 2, cooldown akan langsung pulih dan kamu bisa menggunakannya lagi untuk menyerang. Untuk catatan, skill 1 dapat memicu efek tanda Abyssal hingga maksimal dua kali. Jadi, skill ini memiliki dua stage, yaitu stage hit dan damage. Tanda Abyssal akan muncul saat musuh terkena skill ini. Kemudian, tanda Abyssal kedua akan muncul lagi saat skill ini memberikan damage.

9. GG Combo Selena

Setelah paham dengan mekanisme skill pasif (Abyssal Mark), saatnya mempelajari kombo mematikan Selena! Seperti yang sudah dijelaskan di atas, skill 1 mode Elven memberikan dua tanda Abyssal ke musuh dalam satu serangan. Nah, mekanisme ini bisa diakali dengan memasukkan serangan mode skill 2 Elven sebelum skill 1 mode Elven masuk ke tahap damage. Gunakan cara ini, artinya kamu bisa menggunakan skill mode Abyssal 2 hingga tiga kali berturut-turut. Caranya, kamu harus menyerang musuh dengan skill 1 atau 2 (mode Elven). Anda dapat memilih di antara keduanya sesuai dengan situasi. Namun, skill 2 mode Elven paling direkomendasikan untuk menjadi serangan pembuka. Sebab, akan lebih mudah mengincar musuh yang tidak bisa bergerak. Satu serangan berarti tanda Abyssal yang melekat pada musuh. Saat musuh tidak bisa bergerak, kamu bisa menggunakan Elven’ s 1 mode skill untuk menambahkan tanda Abyssal. Disinilah kamu harus merubah wujud menjadi mode Abyssal, lalu gunakan skill 2 untuk menyerang musuh secara beruntun. Sekarang, berkat efek dua tahap dari mode skill 1 Elven, musuh akan kembali terkena tanda Abyssal ketika skill 1 mode Elven dalam tahap kerusakan. Disinilah kamu bisa kembali menggunakan skill 2 untuk menyerang. Artinya, kamu bisa menyerang menggunakan skill 2 mode Abyssal hingga tiga kali berturut-turut. Penting untuk kamu ketahui, jangan gunakan skill 1 mode Abyssal sebelum kamu menyelesaikan resetcooldown skill 2 mode Abyssal. Sebab, mode skill 1 Abyssal akan ‘memakan’ tanda Abyssal pada musuh. Artinya, kamu tidak akan bisa menyerang menggunakan skill mode Abyssal 2 hingga tiga kali karena mode Abyssal telah menghabiskan ‘skill’ mode Abyssal 1 Sederhananya, comboskill Selena yang bisa kamu gunakan adalah skill 2 (mode Elven) – skill 1 (mode Elven) – Skill Ulti (ubah bentuk) – skill 2 (mode Abyssal) – skill 2 (mode Abyssal) – skill 2 (mode Abyssal) – Keahlian 1 (mode Abyssal). Jika musuh belum terbunuh dengan kombo mematikan ini, jangan lupa kamu juga bisa mengubah bentuk lagi dan mengulangi kombo ini. Jika musuh kabur dalam kondisi sekarat dan kamu tidak bisa mengejarnya, pastikan kamu sudah mengenainya dengan skill 1. Jangan repot-repot mengejarnya karena skill 1 akan memberikan damage tanpa kamu harus berada di dekatnya. Yap, mungkin Anda sudah pusing saat ini setelah membaca artikel ini. Inilah alasan mengapa Selena begitu mematikan dalam pertempuran. Menggunakannya tentu membutuhkan pemahaman khusus agar potensinya dapat dimaksimalkan. Ini rumit dan risikonya besar jika Anda tidak dapat menggunakannya dengan benar.

Tinggalkan komentar